Wednesday, June 22, 2016

LPDP Series : Perpindahan Program Studi dalam Satu Universitas

Halo, post ini dibuat khusus untuk teman teman yang sedang membutuhkan informasi cara pindah jurusan dalam satu universitas, termotivasi oleh kemarin ngurusi tapi bingung nanya siapa, rata rata kasusnya pindah universitas bukan pindah program studi hehe.

Prosesnya nggak sulit kok, tinggal ikutin alurnya aja. Tapi, sebelum mengajukan kepindahan ada beberapa yang harus dipastikan :

Pertama, pastikan grade program studi tujuan lebih tinggi. Kalau luar negeri mungkin bisa pake QS Ranks by University atau by Subject, tapi kalau aku kemarin dalam negeri kita nggak cukup punya bukti maka bisa jadi akreditasinya sama A nya tapi prodi yang dituju nggak ada di list LPDP. Solusinya tulis aja akreditasinya prodi tujuan dan lebih meyakinkan lagi tambahkan nomor SK akreditasi, bisa dicek di web BAN-PT. Search aja prodinya di http://ban-pt.kemdikbud.go.id/direktori.php, disitu udah ada hasil akreditasi dan nomor SK nya.

Kedua, alasan cukup jelas. Sebelum memutuskan untuk pindah, pastikan kita punya segudang alasan untuk diajukan supaya meyakinkan. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang keunggulan prodi tujuan dari sumber yang meyakinkan alias jangan blog atau e-news abal abal hehe.

Ketiga, sudah mengantongi LoA unconditional. Kurang tau sih ini syarat mutlak apa enggak (menurutku mungkin mutlak ya) tapi logisnya, pejabat LPDP bakalan mudah approve  kalau kita udah pasti diterima di prodi yang kita tuju.

Terakhir, ingat bahwa LPDP punya hak untuk menyetujui atau tidak menyetujui permohonan kita. Jadi kita harus bener-bener udah punya alasan cukup kuat dan tentunya jangan lupa berdoa J

Kalau dirasa sudah cukup, permohonan bisa dikirimkan ke alamat email : lpdp.dkp3@kemenkeu.go.id, lampirkan juga LoA atau Surat Keterangan Lulus dari perguruan tinggi.

Ohya, format permohonan nggak ada pedoman bakunya sih, kalau mau lihat permohonanku kemarin, bisa di download disini. Aku kemarin juga melampirkan profil prodi tujuan supaya lebih meyakinkan hehe.

Alhamdulillah, approved :)

Oke, sekian terima kasih, semoga membantu ya J

Eh, kalau ada teman teman yang mau pindah universitas, kayaknya agak sedikit berbeda sebab kita harus membandingkan ranking universitasnya juga, katanya juga ada rekomendasi ahli atau sejenisnya gitu untuk meyakinkan, lengkapnya bisa dilihat di FAQ LPDP : http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/pertanyaan-umum

Feel free for share and ask, sent your mail to : exmaaaaa@gmail.com J


See you! <3

0 comments:

Post a Comment

 

Write Your Memories Template by Ipietoon Cute Blog Design