Tuesday, June 21, 2016

My Graduate Hunter Story (Part 2)

Nah, setelah kemarin kita cerita tentang IPB dan beasiswa PMDSU di sini, sekarang aku akan ganti cerita ke kota lebih dekat. Yap, Surabaya!

Kenapa Surabaya? Karena jaraknya paling dekat.

Kenapa nggak Malang aja? Karena bikin pusing dan mabok.

Kok bisa? Bisnya 'limited edition', terkece se Indonesia raya, jalannya kayak roller coaster.

Hahaha, begitulah. 4 tahun di Malang aku nggak berhenti ngeluh akses jalannya dan request supaya bikin jembatan gantung biar Jombang-Malang sensasinya berkurang wkwk :D

Oke, kita langsung ke cerita.

Ceritanya dulu judul skripsiku hubungannya sama fisiologi reproduksi (bisa dilihat disini) yang arah penerapannya ke kedokteran kesehatan yang akhirnya bikin pengen S2 di Biomedis. Waktu semester 8 juga udah kepoin S2 Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran dan S2 Biologi Fakultas MIPA Universitas Brawijaya tapi kurikulum dan peminatannya kurang cocok (alibi menghindari histologi ya hahaha pssst) jadilah aku niat cari di Universitas Airlangga, Surabaya.

Waktu kepoin webnya PPMB UNAIR langsung jatuh cinta sama S2 Ilmu Biologi Reproduksi, Fakultas Kedokteran Hewan. Kurikulumnya pun cocok sama yang aku pengen, menerima alumni S1 Biologi juga, jadilah cus aku ngumpulin niat dan info sebanyak banyaknya. Di fase ini pula, aku mulai semakin niat buat apply beasiswa LPDP, beasiswa ter-hits, ter-kece integritasnya di Indonesia saat ini. Trust me, it works. *kemudian bayangin iklan L-Men* haha. Apasih krik krik.

Nah, keinginan ini muncul di sekitar bulan Mei 2015 (jadi sebenernya aku lebih dulu interest ke Unair sebelum dapet info dan ngurusi IPB + PMDSU) dan hal pertama yang aku lakukan untuk LPDP dan Unair adalah : Les TOEFL (tau sendiri aku ga pinter inggris T.T) next cerita LPDP aku bakal cerita di post lain, termasuk aku pernah gagal juga di LPDP. HAHAHA asek. *strong*

Akhir 2015 disibukkan dengan jadwal ngajar dan kegiatan di pondok yang 3x lipat lebih banyak dibanding semester sebelumnya, eh aku juga tes TOEFL di area bulan ini. Di bulan bulan ini juga aku akhirnya mutusin untuk nggak jadi kuliah S2 di Januari 2016, defer ke Agustus aja karena TOEFL ku nggak naik naik dan aku ga bisa segera daftar LPDP yang di aturan beasiswa bilang kalo perkuliahan paling cepat dimulai 6 bulan sejak masa penutupan pendaftaran.

Kemudian ada yang aneh disini. Awal tahun 2016, entah dapat wangsit dari mana, tiba-tiba aku nggak mau ambil Ilmu Biologi Reproduksi. Hal ini mungkin dipengaruhi pertanyaannya siswa siswi di kelas yang super, mulai dari penyakitnya anak pondok a.k.a gatel, penyakit sejuta umat alias batuk pilek demam typhus, penyakitnya mbahnya pakdenya masnya bapaknya sampe penyakit reproduksi perempuan. Emang, pertanyaan murid adalah motivasi terbesar buat gurunya biar mau baca dan ilmunya berkembang hehe. Secara, masa muridnya nanya gurunya jawab : ‘cari aja di buku Guyton atau Sherwood ya’ atau bahkan lebih parah ‘kayaknya di google ada deh, coba baca baca sendiri’ Haha. Nope, semoga aku nggak tergolong guru yang seperti itu :D

Akhirnya, pilihanku jatuh di : Ilmu Kedokteran Dasar, Fakultas Kedokteran.

Lho? Bisa nggak sih alumni Biologi ambil S2 Kedokteran? Bisa, karena ini non-klinik.

Bisa jadi dokter nggak? Enggak bisa, karena dokter hanya lulusan S1 dan profesi dokter.

Kok bisa sih masuk S2 Kedokteran? Ikut tes lah, aku nggak se tajir itu buat nyogok, lagian mana bisa nyogok.

Nah, itu FAQ alias Frequently Asked Questions di BBM, whatsapp dan secara langsung ketika orang tau aku ketrima. EH. Alurnya jadi kecepetan wkwk, ya begitulah. Alhamdulillaah 20 April 2016, aku dinyatakan diterima di Unair.

Alhamdulillaah, pengumuman dari Unair

Ceritanya gimana sih? Syaratnya apa aja?

Syaratnya bisa dilihat di web PPMB Unair disitu sudah cukup lengkap kok, standar aja kok. Ijazah, transkrip, surat izin bagi yang bekerja, surat keterangan sehat, Pernyataan keaslian data, Pernyataan biaya, TOEFL (tidak ada score minimal, tidak harus ITP/iBT/dll, kampus boleh) dan rencana tugas akhir. Kalau mau lebih lengkap bisa sharing atau baca pertanyaan orang di web atau grup facebook. Tapi ingat, budayakan membaca sebelum bertanya. Admin memang digaji untuk jadi customer service officer, tapi jangan jadi bani israil-minded wkwkw (bahasa apalah ini).

Tesnya gimana?

Jadi setelah dinyatakan lengkap secara administratif bakalan dapet token untuk bayar pendaftaran di bank, trus dapet kartu peserta ujian yang berisi waktu dan tempat ujian. Kalau aku kemarin hari Minggu tanggal 10 April 2016 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ceritanya begini...

Jadi, sabtu siang tanggal 9 aku berangkat ngebis dari Jombang dalam keadaan kaki masih sakit haha. 31 Maret-4 April ada kegiatan di Hotel Yusro, trus 4-6 April ikut ngurusi Ujian Nasional SMA/MA, trus 7 April study tour kelas 11 ke Kebun Raya, ngrasain bawa 60 anak orang dan cewek semua, rempong cyiin wkwk. 8 April tepar karena kaki sakiit semua, sambil ngebut belajar TPA haha. Trus 9 April sore di surabaya, aku malah belajar bahasa inggris cuma sekilas, itupun structure sama writing aja, liat bacaan di reading malah ketiduran sampe maghrib -_- malamnya begadang sampe jam setengah 1 ketawa tiwi sama mbak mbak di Surabaya. Hahaha. *don’t try this at home, serius*

Minggu pagi, jadwal jam 7.30, sampe di lokasi 7.25, kece kan~ trus nyari ruangan, nunggu bentar, masuk. Setelah dibacain tata tertib dan ngisi identitas di LJK, jam 8 dimulai tes pertama TPA sampe jam 9 trus bahasa inggris sampe jam 10. Jam 10 kelar, cari ruangan wawancara ternyata urutan pertama, cus masuk, di dalem cuma 7 menit kayaknya, kelar langsung pulang karena ada acara di rumah bude. :D

Wawancara ditanya apa aja?

Super thanks buat ibu drg. Risma, bu dosenku di Biologi dulu yang udah kasih clue pertanyaan yang bakalan muncul di wawancara dan 100% bener, berkisar topik skripsi dan rencana tesis, motivasi, nanti manfaatnya apa sama kesiapan finansial, ditambah pertanyaan tambahan karena aku bukan basic kedokteran, gimana cara aku ngejar ketertinggalan materi..

Nah, rasanya sudah cukup aku cerita karena tangannya sudah capek ngetik cyiin wkwk. See you soon di cerita yang lebih seru : Pengalaman Gagal LPDP! Haha. Bye!

1 comments:

Unknown said... Reply

pas baca blog ini aku jadi ngefans sama kak exmaaaaaaaa subhanallaah.. jadi pengen ngikutin jejak kakaaak

Post a Comment

 

Write Your Memories Template by Ipietoon Cute Blog Design