Tuesday, June 21, 2016

My Graduate Hunter Story (Part 1)

Hai hai hai! Bertemu lagi dengan saya pemilik blog antah berantah yang sudah hampir amnesia kalau pernah punya blog yang isinya nggak banget hehe. See, terakhir ngepost hampir tiga tahun yang lalu dan sekarang mendarat dengan cantik lagi di blog ini, haha.

Nah, di post ini aku bakal cerita tentang Graduate Hunter Story, alias nggosip tentang pencarian kampus S2.. Here we go~

Sebenernya niat mau S2 sudah muncul sejak pertengahan tahun 2014 lagi zaman skripsi, tapi karena dulu lagi rempong banget sama penelitian jadi udah fix S2 nya maunya Januari 2016 di semester genap jadi berhenti sekitar 1,5 tahun, trus niatnya juga pengen kuliah yang nggak ngerepotin orang tua dari segi biaya meski ini rasanya susah sih, secara aku anak biasa biasa saja ga punya prestasi yang keren gitu, tapi gapapalah, bermimpi kan sah sah aja, manusia berikhtiar kan juga dinilai ibadah J *uhuk*

Di awal tahun 2015, beberapa bulan setelah wisuda rasa liat temen temen pada S2 rasanya pengen T.T tapi dipikir lagi agak mager alias pengen rehat dan menikmati jadi guru di pondok gitu, dan di bulan bulan ini aku sempet ada masalah sama diri sendiri, ngerasa kalo aku bodoh banget di bidang sosial, kecerdasan emosionalku di bawah rata rata T.T jadi aku mutusin buat terminal dulu demi belajar bersosial, komunikasi dan menikmati hidup apa adanya. Kita semua tahu, pelajaran ini nggak diajarkan di kelas, tapi kita harus terjun langsung, ngrasain sakit hatinya keberadaan dan kerja kita nggak dianggap, di ‘kritik’ di depan orang banyak dan aku nahan nangis sampe kamar hahaha, lucu juga diinget sih, tapi alhamdulillah aku bisa belajar banyak *cihuy* Gaya amat si exma, padahal mah sampe sekarang masi kekanak-kanakan wkwk :D

Trus di akhir Bulan April ada info Beasiswa PMDSU (Program Magister Doktor untuk Sarjana Unggul), beasiswa buat Sarjana keren yang kayak fast track gitu, 4 tahun langsung S2 dan S3 (gils banget kan haha). Nah, ayah dan ibu langsung semangat banget nyuruh aku daftar padahal akunya anak pas-pasan haha. Berbekal motivasi orang tua, aku mulai tentuin pilihan kampus, pilihan jatuh di Institut Pertanian Bogor (IPB) Prodi Biosains Hewan. Disini aku mulai sisihin waktu di sela ngajar untuk ke Malang cari rekomendasi ke Bu Dekan dan Pembimbing skripsiku dulu, bikin rencana riset, upload sana sini dll.

Nah, beasiswa PMDSU di IPB ini sifatnya pararel alias daftar kampus sendiri dan daftar beasiswa sendiri. Pendaftaran kampus statusnya reguler, pendaftaran beasiswa kita langsung komunikasi sama calon promotor, jadi bener bener rasa S3 haha *sok tau* Alhamdulillah pendaftaran kelar di pertengahan Juni trus aku udah move on dari beasiswa ini alias nggak mikir ini lagi karena sadar kemampuan, aku nggak bakal ketrima hahaha.

Sekitar bulan Agustus, ceritanya ada acara nikahan sepupu di Jakarta dan kami keluarga besar Bani Bishri naik kereta PP Jombang-Jakarta. Pas pulangnya, di kereta aku dikejutkan sama email pengumuman kalo aku ketrima di Prodi Magister Biosains Hewan, FMIPA, IPB! Aku masi nggak percaya haha secara di IPB gaada tes masuk, jadi bener bener diseleksi dari biodata dan research plan  yang milikku waktu itu tentang analisis DNA monyet arahnya ke biodiversitas molekuler, hal yang bener-bener jauh dari skripsiku waktu S1, entah dulu aku kenapa bisa mikir kesitu, mungkin karena aku lihat background riset dosen Biosains Hewan IPB arahnya kesana jadi kalo aku ngajukan riset itu kemungkinan diterimanya bakal lebih besar, padahal aku sendiri nggak ngeh sama yang aku tulis, sedih kan. Uh, entahlah.

Capture pengumuman dari IPB, dikirim via pos juga sama kampus, tapi aku lupa naruh dimana *parah*

See? Untuk kategori anak yang dulu matkul biologi molekulernya ngimpi terus, judul ini rasa luar biasah!
Entah nglamun dari mana -_-

Beberapa hari kemudian, pengumuman beasiswa PMDSU, daan sesuai ekspektasi, aku nggak ketrima. HEHEHEHE. Nggak sedih sih soalnya emang ga berharap banyak, cuma mungkin gagal nyenengin ortu yang pengen anaknya lulus S3 cepet, beasiswa lagi *aduh*

Nah, waktu itu batas registrasi IPB jaraknya cuma seminggu dari pengumuman, jadi kita harus bener bener super ngebut. Pas hari terakhir registrasi, aku-ayah-ibuk berunding dan kita putuskan untuk ngelepas IPB dengan pertimbangan : Pertama, kata ayah jauh (uhuhu, berasa anak bayi, gini mau di luar negeri haha). Kedua, aku kurang sreg sama jurusannya, feelingku aku bakal terseok-seok di IPB haha. Ketiga, beasiswanya nggak goal. Jadi yaa sudah bye IPB~

Begitulah ceritanya, nanti kita bertemu dengan cerita Unair di Part 2 yah! Soon J

PS :

Pendaftarannya ada di : http://beasiswa.dikti.go.id/pmdsu/

0 comments:

Post a Comment

 

Write Your Memories Template by Ipietoon Cute Blog Design