Tuesday, July 5, 2016

Seleksi Beasiswa Unggulan Kemdikbud : Pendaftaran dan Contoh Proposal Pengajuan

Hai! Ketemu lagi dengan postingan yang tentang beasiswa (lagi), hehe. Sengaja karena rencananya ke depan blog ini diisi dengan hal-hal yang manfaat secara ‘fisik’ *halah. Maksudnya adalah berkisar S2 dan Beasiswa, untuk membedakan dengan tumblr dan akun lain yang isinya curhatan yang insya Allah manfaatnya secara batin #abaikan.

Prolognya, sejak aku gagal di LPDP Batch 1 (ceritanya bisa dicek disini), aku mulai punya list beasiswa yang mau aku daftar. Pertama nyoba LPDP lagi, trus dapet info Beasiswa Unggulan aku langsung daftar juga, trus udah siap siap kalo dua duanya gagal mau Tanoto Foundation eh ternyata dia gak kerjasama sama Unair ya udah skip, trus Bakrie Graduate Fellowship (BGF) tapi beasiswa ini on-going jadi paling nggak harus uda kuliah dan punya IPK S2 dulu, trus kalo ga ketrima juga mau BPP MoRA Scholarship dari Kementrian Agama RI, truus masi nyari nyari lagi haha. Sampe desktop laptopku pun berantakan karena sticky notes :”

HAHAHA :"
Nah, di post ini kita bakal cerita tentang Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI (official websitenya kunjungi disini). Ohya, sebelum kita bahas lebih jauh, aku ingetin dulu kalau yang kita bahas ini beda dengan Beasiswa Unggulan Kemenristekdikti (dulunya disebut BU-Dikti, sekarang BUDI) sebab BU Dikti ini khusus untuk Dosen ber-NIDN di bawah naungan Dikti.

Apa sih Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI itu?

Beasiswa yang mempunya tagline “Meraih Insan Cerdas dan Kompetitif” ini diselenggarakan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setau saya beasiswa ini sudah cukup lama karena ada temen S1 dulu yang dapet beasiswa ini. Beasiswa ini juga bisa untuk S1, S2 dan S3, baik mahasiswa baru maupun on-going, Dalam Negeri dan Luar Negeri.

Siapa aja yang bisa daftar beasiswa ini?

Ada 3 kategori : Pegawai Kemendikbud, Mahasiswa Asing dan Masyarakat Berprestasi. Berhubung aku bukan pegawai kemendikbud, bukan juga mahasiswa asing, jadi aku milihnya masyarakat berprestasi, amin (?) Oiya, di luar 3 kategori itu juga ada beasiswa Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran.

Kemarin bisa daftar karena punya prestasi apa?

Prestasi juara makan kerupuk se-pondok putri al Urwatul Wutsqo. Ngga ding haha yang bener juara panjat pinang se-Bulurejo, nah yang ini makin mustahil. Haha. Versi panduannya, prestasi yang dimaksud adalah peraih medali olimpiade Internasional, Juara tingkat nasional, regional, dan internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olah raga , guru berprestasi dalam berbagai bidang, pegawai/karyawan yang berprestasi dan mendapatkan persetujuan dan direkomendasikan oleh atasannya, serta pegiat sosial.

Awalnya cukup bingung juga aku harus masuk kategori yang apa, tapi ya udah daftar aja, laporin piagam atau SK penghargaan yang kita punya, daripada nyesel kalo ga nyoba dulu hehe~

Persyaratannya apa aja?

Bisa dicek di web nya ya, kalau mau download panduannya ada disini. Pertama yang harus dipastikan kalau daftar S2 adalah : usia max. 32 tahun, uda diterima atau sedang kuliah max. semester 3 di prodi terakreditasi A. IPK terakhir (maba) atau IPK sementara (on-going) 3,25 untuk PTN dan 3,50 untuk PTS. Syarat dokumen : KTP, surat penerimaan dari kampus, KHS (on-going), transkrip nilai terakhir, TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS 6.0 (lagi lagi kemampuan bahasa inggrsi ya, kan sudah dibilang ini syarat yang sudah umum di dunia per-beasiswa-an hehe), rekomendasi, rencana studi dan tentunya sertifikat prestasi.

Tahap seleksinya apa aja sih?

Pertama, administrasi. Tahap administrasi lengkapi apa adanya, upload sana sini, perhatikan format file yang diminta dan ukuran maksimal yang diterima sistem. Pengalamanku kemarin, banyak file bisa diterima sistem maksimal hanya 256 kB, cukup kecil sih cuma seprempat MB sedangkan hasil scan biasanya di atas 5 MB jadi harus rajin rajin pake resizer, bisa pake microsoft office picture manager atau lebih enaknya online. Pastikan juga filenya nggak pecah biar ga blur.

Nah, syarat administrasi kan gitu gitu aja, gimana caranya biar bisa ketrima di administrasi. Kuncinya ada di : PROPOSAL. Sebab disini nggak ada essay atau daftar riwayat hidup lengkap yang sekiranya mencerminkan keunggulan dan alasan kenapa kita pantes buat dapet beasiswa ini, maka harus pinter pinter bikin proposal yang menarik, mantab dan tentunya meyakinkan. Spesialnya, di post ini bakal aku share proposalku kemarin, check di akhir postingan ini ya. Hehe. (Meski proposalku jauh dari kata bagus juga, haha :") *ngomong emang gampang* wkwk

Kedua, verifikasi dan wawancara. Menurut info yang aku dapet dari salah satu penerima beasiswa ini di UI (kita dulu email-an sih, masnya baik banget mau bagi info kalau aku tanya tanya tentang BU hehe), wawancara dilakukan untuk mencocokkan formulir dan berkas online kita dengan aslinya, sayangnya disini aku ngga bisa bantu banyak untuk tips wawancara karena dalam waktu dekat bakalan mengajukan pengunduran diri dari beasiswa ini karena udah dapet pengumuman beasiswa lain lebih dulu jarak 20 hari dari pengumuman beasiswa ini. Hehehe. Cukup sayang untuk dilepas, tapi yeaah life is choice, gengs~

Hard to say good bye :"
Ohya, BU-Kemendikbud juga punya bidang kajian prioritas, utamanya adalah pendidikan dan budaya (secara ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Anyway, kedokteran dan kesehatan ngga masuk 15 daftar prioritasnya, tapi jangan takut, di poin 16 ada keterangan ‘serta bidang lain yang menjadi prioritas nasional’, jadi aku pede aja daftar hehe, kesehatan kan prioritas nasional ^^

Timeline beasiswa ini dibuka 2x setiap tahunnya, kalau ga salah di 2016 di Juni dan September. Mekanisme tahun 2016 ini sedikit berbeda seperti sebelumnya, sepertinya banyak perombakan dan sistem pendaftarannya mulai berproses full paperless alias online semuanya, meski terkadang webnya masih sering trouble, tapi ini kan baru pertama so menurutku it’s kece enough J

Eh, kalau ada pertanyaan yang masih bergejolak dalam fikiran, coba dicek ke Frequently Asked Questions (FAQ) nya disini. Nah, di halaman ini dijelaskan kalau proposal dan rekomendasi tidak ada format bakunya, kalau temen temen cukup nge-blank dengan apa yang harus dipaparkan di proposal bisa download milikku disini. Sebagai penguat cantumkan juga rencana tesis seperti yang kita kirimkan ke kampus waktu proses daftar S2 (yang ini ngga aku upload hehe), semoga membantu ya! J

Nah, sekian dulu ceritanya. Semoga tulisan ini sedikit ada manfaatnya ya, hehehe.

Sukses untuk kita semua ^O^

101 comments:

Unknown said... Reply

hai mb exma, pean anak uin malang ya? kayaknya angkatanku deh hehe, blognya keren banget dan menginspirasi beasiswa hunter kyk aq... dan selamat ya uda diterima lpdp. doakan aku menyusulmu huhuhu

Unknown said... Reply

@dina munika Hai juga mba Dina :) hehe iya mba aku Biologi 2010, lulus 2014.. Mba Dina jurusan apa? Hehe, ikut seneng kalo bisa bantu mbaa, mengingat anak UIN masi belum terlalu banyak juga yg dapet LPDP (banyak tp ga sebanyak kampus lain sih hehe). Best of luck ya mbaa {}

Unknown said... Reply

aku juga angkatan 2010 lulus 2014, aku jurusan matematika, berarti pean temannya mb evi dan firda ya? oh iy bisa add aq di fb? aq mw nanya2 ttg pengalamanx pean nih, soalx aq bru mw ngajuin beasiswa thn ni

Unknown said... Reply

@dina munika Iya mba aku sekelas sm mb firda, mb evi.. Udah aku confirm ya mba :)

Unknown said... Reply

Terima kasih sharing pengalamannya Mbak, sangat menginspirasi ^^
saya juga sedang mencari alternatif beasiswa S2, karena sebelumnya sudah tertolak juga hehe..
kalau boleh tau, jadinya mbak dapat beasiswa apa ya? untuk jaga-jaga kalau yang BU Kemdikbud ini juga tertolak.

Unknown said... Reply

@wuddan ira Halo, mba. Sama2 hehe. Saya dulu awal 2016 daftar LPDP trus gagal. Trus April-Mei saya apply 2 beasiswa, LPDP lagi dan Beasiswa Unggulan. Alhamdulillah awal Juni saya diterima LPDP, trs akhir Juni baru diterima BU. Finally saya uda ngundurkan diri dr BU mba, krn LPDP udah pengumuman duluan hehe.. :)

Semangaat mbaa ^^

Sarosa Castrena Abadi said... Reply

assalamualaikum ...sebelumnya terima kasih atas sharing cerita nya saya mau tanya kalo untuk mahasiswa yang ongoing untuk kemampuan bahasanya bisa pakai sertifikat toefl elpt atau harus wajib itp...mohon pencerahannya terima kasih

Unknown said... Reply

@Sarosa Castrena Abadi Waalaikumsalam.. Kalau yang saya lihat di panduannya tidak ada keterangan jenis TOEFL yang diminta. Tapi mungkin untuk lebih jelasnya email ke panitianya saja biar lebih meyakinkan hehe :)

Unknown said... Reply

mbak, aku download file proposal sm rekomendasinya kok ga bisa kebuka ya link nya?

Unknown said... Reply

mbak, boleh minta file proposal, rekomendasi dan rencana tesis via email ga?

Unknown said... Reply

mbak, boleh minta file proposal, rekomendasi dan rencana tesis via email ga?

Unknown said... Reply

mbak, aku download file proposal sm rekomendasinya kok ga bisa kebuka ya link nya?

Unknown said... Reply

@adam angga haloo mas, maaf baru balas.. kayaknya bisa kok.. Kalo ga bisa mas kirim email ke aku yaa hehe

Unknown said... Reply

Terimakasih sudah berbagi, sekalian mau nanya, kalau TOEFL kira kira bisa nyusul nggak ya? kebetulan belum sesuai target nih nilahnya, mau daftar lagi ngga cukup waktunya

Pitcher said... Reply

Halo mbak,
Saya ingin bertanya lebih lanjut tentang beasiswa ini, ada email yg bisa saya hubungi?

Ana Nadiya Afinatul Fishi said... Reply

Assalamu`alaikum hallo mba yg blognya kece abis hehe, disini saya ingin bertanya sebagai kepastian apakah teteh mendapatkan beasiswa unggulan sebagai masyarakat berprestasi tersebut? mohon dijawab yak, terima kasih.

Unknown said... Reply

Assalamualaikum mbaaa.. terima kasih sudah berbagi kepada kami. saya boleh minta contact untuk sharing mengenai syarat-syarat beasiswanya gak? soalnya saya sedang mengikuti program beasiswa unggulan batch ke-2. mohon balasannya ya :)

Unknown said... Reply

Halo mba, terimakasih tulisannya menginspirasi sekali. Saya mau tanya LoA hukumnya wajib ya? Karena universitas tujuan saya kan sudah tutup untuk tahun ini dan baru akan dibuka tahun depan.
Kalo boleh saya minta contoh proposal, rekomendasi dan rencana thesis ya mba. terimakasih. sukses selalu :)

Leeviahan said... Reply

terima kasih dek exma... atas informasi yang diberikan. Contoh proposal dapat memberikan saya gambaran yang lebih jelas seputar beasiswa unggulan (BU). Salam,

Afif RP said... Reply

Assalamu'alaikum, mbak Exma. sbelumnya sya ucapkn trima ksh ats infonya. tpi msh ad yng ingin sya tnyakn mengenai proposalnya, Mbak. apa sya prlu mencantumkan perkiraan biayanya,y, Mbak ? mengingat pda ptunjuk tknisny pda bagian hak dan kewajiban, pda bgian hak pnerima BU, slh stuny adalh "mendapakan beasiswa berdasarkan komponen dan besaran beasiswa yang ditetapkan oleh kepala biro perencanaan dan kerjasama luar negeri". sya bingung apa hrus sya cantumkan estimasi biayany atau tidak, Mbak. karena pada pernyataan tsb, apakh biaya diatur oleh penyelenggara atau kita yang hrus membuat sndiri estimasi biayany, Mbak ? tlong infonya, Mbak. Trima ksh sblumnya, Mbak

Adityar said... Reply

Yey, alhamdulillah terima kasih mba Exma. Pas lagi bingung-bingungnya nih nyari contoh proposal buat daftar BU. Aku sama teman-teman lagi daftar BU Batch 2. Sudah saya baca contoh proposal dari mba Exma dan sangat-sangat membantu. Terima kasih sekali lagi, mba. Semoga sukses selalu :)

Dala Rifat said... Reply

Siang mba, mau tanya, untuk rekomendasi dari kampus, itu ada format khusunya atau terserah? Terima kasih mba

Dala Rifat said... Reply

@Dala Rifat

Oh iya mba tambahan, yg surat rekomendasi itu dari dosen atau dari kampusnya langsung ya?

Unknown said... Reply

@Samsul Arifin Halo, mas mohon maaf baru sempet cek email dan blog karena kemarin2 ada pre departure LPDP. Setau saya wajib sih.. tapi coba dikomunikasikan dg panitianya. Semoga sukses, semangat! :)

Unknown said... Reply

@Halid Sari Halo mba, bisa ke exmaaaaa@gmail.com ya (a-nya ada 5). Terimakasih :)

Unknown said... Reply

@Ana Nadiya Afinatul Fishi Halo mba Ana, terimakasih banyak :)

Eum, kepastian sih enggak. Soalnya kmrn sampai di lolos administrasi saya uda ngajukan pengunduran diri karena pengumuman LPDPnya 10 hari lebih awal jadi saya ambil yg LPDP. Hehe

Unknown said... Reply

@ainun nidaa halo, mbaa.. Bisa ke exmaaaaa@gmail.com ya, saya jawab setau saya krn emang kmrn ga sampe wawancara uda mundur hehe. :")

Unknown said... Reply

@Pratiwi Wulan Dhari halo, mbaa.. setau saya wajib sih, ada di webnya BU hehe

Okay, kirim email ke exmaaaaa@gmail.com ya mba, nnt saya balas dg contoh administrasi saya kmrn :)

Unknown said... Reply

@Lee Via Han aw, thank you mbaa.. Sama sama ya. Sukses selalu! :)

Unknown said... Reply

@Afif RP Halo, mas arif.. Sepertinya ga harus kok, saya kmrn ada krn buat jaga2, endingnya tetep sesuai dengan keputusan BU nya :)

Unknown said... Reply

@Adityar waw, sip terimakasih mas. Semoga sukses selalu ya! :)

Unknown said... Reply

@Dala Rifat halo, mas.. maaf yaa baru balas. dari univ tujuan dan ngga ada format bakunya sih, disarankan 1 halaman. Bisa dicek d web BU yaa http://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/frequently-asked-questions :)

Unknown said... Reply

hay mbaa, salam kenal dan terima kasih atas infonya yang sangat bermanfaat. Aku udah email mbaa, di balas yah mbaa!

Unknown said... Reply

Assalamualaikum mba, mau tanya2 soal wawancaranya nih, kan sempet dapet informasi dari salah satu penerima beasiswa yg di UI, nah itu wawancaranya bahasa indonesia atau inggris ya? Terus kira2 pertanyaan yang diajukan apa aja? Terima kasih..

Pembahasan Soa said... Reply

Terima kasih,,sangat bermanfaat banget tulisannya,,pengen nyoba ngusulin beasiswa unggulan jg nih hehehe

Anonymous said... Reply

alhamdulilah dapet pencerahan di Blog ini, trimakasih sharingnya mba, salam dari maba s2 ITB 2017 hehe

Anonymous said... Reply

Mba exma...saya minta alamat emailnya ya...saya mau tanya2 tentang beasiswa...
Salam...ismi

Unknown said... Reply

Assalamualaikum,
mbak surat rekomendasinya formatnya terserah si pemberi rekom ya?
apakah harus pakai kertas berkop univ? atau harus distempel mbak?
terimakasih

Dian said... Reply

Assalamualaikum. Mbak, saya Dian mustika mahasiswa uin maliki malang. Mbak, boleh minta contoh form surat rekomendasai?

Agam Akbar Pahala said... Reply

Assalamualaikum,
mba mau tanya tentang beasiswa BU non degree, untuk Surat undangan dari penyelenggara itu bisa didapatkan dimana ya?
terimakasih

Unknown said... Reply

@Agam Akbar Pahala
bantu jawab ya Mas... didapatkan dari penyelenggara acaranya Mas.. misal, saya pernah ikut student exchange di Jepang... saat sudah lolos seleksi, peserta akan dikirimi email dengan lampiran "Letter of Invitation" dari penyelenggara (dalam kasus saya yaitu Kampus Tohoku University).
Jadi kalau Mas Agam mau ikut BU non degree, harus punya Letter of Invitation itu dulu, dikasih/minta ke penyelenggara

*CMIIW :))

Unknown said... Reply

gmn download proposalnya mba?? linknya mana ya?

Unknown said... Reply
This comment has been removed by the author.
Unknown said... Reply

Assalamualaikum mbak, saya mahasiswa UIN semester 4, mau minta cp boleh? Mau nanya2 beasiswa hehe

Unknown said... Reply

selamat siang mbak exma..
isi nya bagus... sangat menginspirasi,..
oh ya mau tanya... mbak sekarang dapat s2 di mana...? apakah udah lulus..?
.
karena saya bingung mau daftar BU juga... matur nuwun...

Unknown said... Reply

Assalamualaikum mbak Exma, postingannya sangat membantu. terimaksih.

Anonymous said... Reply

Assalamu'alaikum.
saya mau tanya terkait dengan sertifikat toelf, sebelumnya saya mau cerita sedikit, saya mahasiswa on going disalah satu universitas swasta di jakarta, saya engga aktif dalam menggunakan b.ing, hanya pasif dan hanya sedikit mengerti saja. Saya mau tanya, untuk sertifikat toelf/ielts apa harus ada(diupload) ? Soalnya saya belum pernah tes toefl/ielts. Thanks

Unknown said... Reply

asslamualaikum mbak exma, wahh, postingan ceritanya sungguh menginspirasi. pengalaman yang dibagikan banyak banget. perkenalkan nama saya akhmadi, dari ITS Surabaya jurusan Desain Interior. kebetulan saya juga hendak daftar beasiswa BU Kemendikbud batch 1 2017 ini. mungkin bisa mengobrol di lain hari mbak, hehe..
wassalamualaikum, wr wb

Unknown said... Reply

assalamualaikum mbk, postingannya sangat membantu
kebetulan td saya baca blog mbk, kebetulan saya juga hendak daftar beasiswa BU Kemendikbud 2017 ini.
saya mau nanya nih mbk saya pilih yang untuk mahasiswa baru, apakah saya harus mendaftar dahulu ke universitas yang dituju ? atau ikut BU dahulu baru daftar ke universitas.
Terima kasih mbk

Unknown said... Reply

Assalamualaikum kak, saya ingin tanya. Kalau untuk proposal rencana studi apakah dalam pengajuan judul tesis harus disertai dengan deskripsinya? atau judulnya saja? terima kasih kak ^^

Faradilla said... Reply

assalamualaikum.. salam kenal mba,,saya lala' dari jambi,, saya boleh minta contoh proposal rencana studi mba gk? kalo boleh, bisa di email ke Faradillabafadhal@gmail.com
terimakasiii..

Unknown said... Reply

Terimakasih infonya sangat membantu😊

Unknown said... Reply

selamat sore mbak... bisakah saya lihat contoh surat rekomendasi? jika bisa, minta tolong dikirimkan ke email zzttnarayana1993@gmail.com... matur nuwun

Dwika Ananda said... Reply
This comment has been removed by the author.
Dwika Ananda said... Reply

Halo mbak Exma, tulisannya menginspirasi sekali mbak. Mbak saya sudah mengirimkan pesan ke email mbak Exma. Mohon Balasannya mbak. Terima kasih dan semoga sukses selalu mbak

Unknown said... Reply
This comment has been removed by the author.
Unknown said... Reply

haloo mba,,
salam Kenal ya,, mba bisakah saya lihat contoh surat rekomendasi dan proposal rencana studinya?, kalau boleh bisa di email di linanachin@gmail.com
terimakasih sebelumnya mba,, :)

Unknown said... Reply

boleh saya minta alamat email mba :)

Rizkiblogspot said... Reply

Sangat membantu sekali mbak ema.. Doain saya juga menyusul ya mbak... 😊😊
Sukses terus mbak...

Rizkiblogspot said... Reply

Sangat membantu sekali mbak ema.. Doain saya juga menyusul ya mbak... 😊😊
Sukses terus mbak...

erma regita sari said... Reply

Haloo mbak, saya juga ingin mendaftar beasiswa unggulan. Tp link nya di tempat saya tidak bisa di buka. Bisa minta tolong kirim email ke ermaregitaa@gmail.com
Terimakasih

erma regita sari said... Reply

Haloo mbak, saya juga ingin mendaftar beasiswa unggulan. Tp link nya di tempat saya tidak bisa di buka. Bisa minta tolong kirim email ke ermaregitaa@gmail.com
Terimakasih

Unknown said... Reply

kalau format surat rekomendasinya gimana mba Exma?

Muhamad Raffel Sidiq said... Reply

Assalamualaikum mbak... Selamat pagi
boleh berbagi contoh surat rekomendasi, KHS dan surat rekomendasi?
apabila mbak berkenan, mohon kirimkan ke email rasid@muslim.com
Afwan, terima kasih sebelumnya

Unknown said... Reply

maaf kak mau tanya proposal study yg di input itu proposal penelitian atau proposal rencana kita kuliah? kalo boleh minta di send ke email sopyanrizki6@gmail.com

Anonymous said... Reply

assalamualaikum, bsa mnta contoh proposal rencana studi? tks.

Febri Wiko said... Reply

Terima kasih atas infonya..sangat membantu..semoga selalu sukses dan segala harapan tercapai...

Unknown said... Reply

Assalamualikum maaf mengganggu, kak bisa minta file rekomendasi dan tesisnya? soalnya udah deket batas pendaftarannya kalo bisa kirim di email saya ya di cijustitia@gmail.com oh iya sebelumnya trima kasih yaa

Unknown said... Reply

hallo ka kenalin aku putri mahasiswi universitas padjajaran,mau tanya dong kaka tau detail proses wawancara nanti kaya gimana?hehe sekalian esay nya kaka bahas tentang apa ya?makasih sebelumnya

Unknown said... Reply

hai kaa,mau tanya pas wawancara ada dresscode atau semacamnya ngg ka?

Nirma Shop said... Reply

assalamu'alaikum, ka aku boleh liat contoh proposal rencana studi punya kaka masih bingung banget soalnya :'D makasih sdeviamalia@gmail.com

dewi jayagma said... Reply

assalamualaikum mbk, mbak apply bu tahun kapan kah?, soalnya sekarang ada esay dan Toefl. dan boleh kah aku liahat contoh proposal studi punya mbk,?

Unknown said... Reply

assalamualaikum
ka boleh liat proposal rencana studinya gak kebetulan saya mau ikut yang beasiswa unggulan ini, jadi ada referensinya dulu soalnya masih bingung, hehe :D makasih sebelumnya ka. lalanovikasari@gmail.com

Unknown said... Reply

Disitu tertulis salah satu persyaratan yg harus di upload yaitu ijazah Dan transkrip nilai terakhir. Jika melamar BU jenjang S1. Apa ijazah yang diupload Tampak depan Dan belakang atau Tampak depan saja atau Tampak depan Dan belakang,juga dengan shun ??? Mohon jawabannya ya Mbak exma

Unknown said... Reply

Assalamualaikum mbak
Izin download proposal ya mbk dibuat refrensi ? ☺️

Unknown said... Reply

Assalamuaikum mbak, mau nanya untuk tes wawancaranya menggunakan bahasa indonesia apa bahasa ingris? Makasih

Rizki Ageng Mardikawati said... Reply
This comment has been removed by the author.
Psikologi Anak dan Remaja said... Reply

Kak ingin nanya dong. Kalau Loa unconditional dari universitas itu maksudnya keterangan di terima diuniversitas yg bisa kita liat via online di scan atau minta surat lagi ke universitasnya? Makasih ya ka

Revol Ah said... Reply

mba bisa minta contoh proposal rencana studinya ?

Renny said... Reply

Makasi banyak mba, proposalnya membantu sekali

Unknown said... Reply

Assalamu'alaikum warahmatullah.. Mbak.. Saya viqry pramananda dari medan.. Mahasiswa baru universitas sumatera utara.. Mau tanya.. Jika kita melamar beasiswa unggulan dengan status mahasiswa on-going.apakah masih bisa melampirkan sertifikat prestasi sewaktu di MA? selain itu jika tidak memiliki sertifikat toefl apakah masih bisa mendaftar beasiswa unggulan.. Terima kasih

Unknown said... Reply

mbak aku boleh minta contoh proposalnya apa tidak? soalnya saya mau daftar ini aku mahasiswa UM mbak tetangga kirim ke email aku ya mbak octaprasetya19@gmail.com

Unknown said... Reply

aku minta dong kirimno octaprasetya19@gmail.com

ceritadinda said... Reply

mba, aku mau minta contoh proposalnya boleh nggak ? kalau boleh tolong di emailkan ke shafirarahmadilla@gmail.com ya mba, makasih :)

Aditya Nur Ilman Wibowo said... Reply

sangat membantu mbaa, makasih mbaaa

Ina said... Reply

Terima kasih infonya. :)
Nanya dikit nih mbak, rincian biaya kuliah kita bikin sendiri, atau bisa diminta di kampus tujuan? Kalau misalnya kampus tidak menyediakan bagaimana?

Wia said... Reply

Mba bisa saya minta alamay email ny?

Wia said... Reply

Klo bisa saya minta contoh proposalnya mba bisa kirim ke email saya marliaabd28@gmail.com

Unknown said... Reply

@Exma Mu'tatal Hikmah
tolong dikirim proposalnya ke alamat email aku ya achmadfauzanbali@gmail.com

Unknown said... Reply

mba,tolon dikirimin contoh proposalnya ke email aku ya mba.. nisaaidr27@gmail.com makasih mba:)

Muh.sofyan said... Reply

assalamu alaikum kak tolong kirimkan contoh proposalnya kak, kebetulan tahun ini saya berniat daftar BU jadi saya harap kak bisa bantu saya agar bisa lolos, yang ngak saya mengrti yaitu tentang proposalnnya kak,,,ini Email sya kak : muhsofyan461@gmail.com

Ahmad Saparwadi said... Reply

Terima kasih mbak, sangat membantu

Unknown said... Reply

Halo kak saya Eka, mau tanya untuk beasiswa BU yang kakak dapatkan ini untuk calon dosen atau tidak?

Unknown said... Reply

Mbk, kalau syarat prestasinya itu ngga ada gmna mbk?

Rosy said... Reply

kak, mau donk file proposalnya...please
aku tunggu di e-mailku ya rosynursitaanggraini@yahoo.co.id
makasih kak

Lisa lestari said... Reply

assalamu'alaikum kak..
boleh minta no. Whatsapp kak?

Thifani Salsabil said... Reply

assalammu'alaikum ka,aku mau file proposal kaka sebagai contoh ka. aku tunggu ya ka. email ku salsatifany@gmail.com
makasih sebelumnya ka :)

Simbara Rimbu said... Reply

Terima kasih kak!Blognya sangat membantu 👍

Ainur Rochmah said... Reply

Assalamu'akaikum kak, boleh minta file proposalnya sebagai contoh dan rujukan format @ainurrochmah221@gmail.com .. terimakasih sebelumnya karena blognya sangat membantu..

Unknown said... Reply

Halo kak, saya sudah lulus seleksi tahap 1 beasiswa BU. Saya ingin bertanya apakah pada pengisian rincian biaya kuliah diisi hanya biaya uang kuliah yg resmi dari perguruan tinggi atau boleh ditambah dengan biaya operasional yang lain? Selanjutnya apa saja sih kak yang dipertanyakan ketika wawancara? Mohon bantuannya kak Terima Kasih

raisyazabrina15@gmail.com said... Reply

Assalamualaikum kak, kak saya boleh lihat dan minta essay nya? Terimakasih sebelumnya �� email saya : raisyazabrina15@gmail.com

Post a Comment

 

Write Your Memories Template by Ipietoon Cute Blog Design