Wednesday, November 7, 2012

Undang Undang tentang Hak Cipta itu…

Maaf. Judulnya ambigu. Saya bukan mahasiswa Fakultas Hukum yang mungkin memang salah satu bidangnya menyangkut judul di atas :)
Selama ini kita lihat sendiri, harga buku di toko – toko mahalnya minta ampun. Jujur aja, biasanya saya untuk per semesternya butuh sekitar 350 ribu buat buku, belinya di awal semester. Itu belum diktat – diktat yang harus di fotokopi dengan di koordinir ketua kelas. Totalnya bisa nyampe 450 ribu. *Saya ngomong gini bukan berarti saya nggak ikhlas buat ngluarin uang untuk pendidikan lo yaa*
Kemudian kita lihat fakta yang kedua, di kota Malang khususnya. Dengan banyaknya kampus negeri ataupun swasta, banyak pendatang, pastinya juga semuanya butuh buku. Manusiawi banget kalo orang itu nyari sesuatu yang lebih murah, dengan dalih isinya sama aja kan, kalo ada yang murah kenapa harus repot beli yang mahal dengan harga hampir dua kali lipat. Mungkin itu alasan kenapa lahir Pasar Buku di Jalan Wilis (saya juga pendatang jadi saya nggak tau sejarahnya hehe).
Fakta selanjutnya, ramenya kios fotokopian di sekitar kampus. Bukan main gedenya, ramenya, dan sampe buka cabang segala, semacam warung gitu kalii. Dan disana pasti bertumpukan buku pesenan mahasiswa, dari yang tipis kayak kamus saku sampe setebel Campbell. Dan harganya pun meski lebih murah, tetep aja mahal. Contohnya tuh, aslinya 290 ribu kalo fotokopi mungkin 170 ribu…
Nah, dimana letak legalitasnya?
Setiap dosen yang komentar terkait diktat atau buku mahasiswa yang fotokopian, macem macem tuh responnya :
Ada yang : Wah, kalian ini. Awas ketangkep polisi bareng – bareng
Atau : Ya sudahlah, mau gimana lagi, pemerintah juga gitu, ga ada subsidi buat buku mungkin ya? Mahal mahal….
Bahkan : Gak apa apa. Saya dulu zaman mahasiswa juga kayak gitu

Bingung juga, trus mau gimana? Sebenarnya malu juga sih, apalagi kalo dibandingin sama orang luar negeri yang download lagu gratis aja malu apalagi fotokopi buku… Trus kalo kita membiarkan banyak generasi muda yang ga pinter karena ga baca buku dan terhalang biaya, bahaya juga kan?

Ummm.., I need comment saudara – saudara sekalian :) 

0 comments:

Post a Comment

 

Write Your Memories Template by Ipietoon Cute Blog Design