Saturday, December 15, 2012

Ketika Masjid Menjadi “seperti” Bukan Masjid

Remember that it’s just an opinion. You can agree or not its depend on u :)
Saya hanya ingin berbagi, melihat kondisi dan sedikit berbagi kepada semuanya..
Oke, seperti judulnya, disini ada 2 fakta tentang masjid. Keduanya merupakan fenomena di sekitar saya, semoga saja di tempat lain tidak ada yang seperti itu atau jangan sampai yang lebih parah..

Pertama, ketika masjid menjadi suatu yang ‘berbahaya’.
Bukan satu atau dua kali saya dengar kabar dari teman yang kehilangan laptop dan tasnya di masjid, dan itu hanya terjadi sekilas. Yang punya pergi ambil wudhu, eh waktu kembali tinggal tasnya aja, laptopnya udah lenyap, dan bahkan ada juga yang lebih ngenes adalah yang ilang bersama tasnya.
Nahlo, kenapa coba?
Ini masjid, tapi kenapa rawa malingnya semacam halte?
Astaghfirullah, bukan maksud membandingkan apalagi menyamakan. Jelas masjid itu rumah Allah, masjid  itu suci, masjid itu tempat orang ‘curhat’, ‘bercengkrama’ dengan Allah tapi kenapa jadi seperti itu? Padahal kampus ini homogen, Islam semuanya. Bayangkan saja kalo di kampus yang heterogen, betapa malunyaaa :(
Hingga di masjid ada tempelan semacam ini :


Kemudian, fakta yang kedua.
Sekitar seminggu yang lalu saya ada rapat di Sekretariat CSS MoRA UIN Maliki sampe siang, selesai rapat pada pulang, saya masih disitu ngurusin beberapa surat yang diminta teman – teman. Selesai urusan jam 13.30 saya pamit, trus niatnya sekalian sholat di masjid samping sekre. Nah ternyata masjidnya dikunci, saya bingung kemudian ada ibu – ibu yang rumahnya depan masjid pas. Trus saya tanya : “Bu ngapunten, niki masjidnya dikunci nggeh?” (Sebenarnya saya tau kalo itu dikunci, sekedar ingin nyapa aja, juga biar ga mencurigakan intip – intip masjid yang dikunci).
Ibu itu menjawab : “Iyo mbak, lha arek – arek sembrono e, masjid kok digawe mangan nang njero, macak nang njero, tambah kapan hari ono arek lanang ambek wedok wong loro sepi sepi nang lantai atas seng biasane digawe TPQ, lak yo digiring nang kelurahan talah ambek wong wong kene”
Saya kaget. Lhah. Separah itukah?
(Kemudian saya dipinjami mukenah dan sholat di serambi masjid itu *ga penting ya hehe)

Dari dua fakta itu, saya mikiiir. Dimana letak tanggung jawab seorang muslim pada rumahnya sendiri?
Atau minimal spesifiknya dimana letak aplikasi sikap sebagai ‘mahasiswa’ dan ‘pemuda’?

Wallaahua’lam bishshowaab

0 comments:

Post a Comment

 

Write Your Memories Template by Ipietoon Cute Blog Design