Thursday, September 27, 2012

Pesan yang tertinggal dari Rumah Sakit

9 September 2012. Roommate saya opname rumah sakit. Alhamdulillah ketika itu saya masih diberi kesempatan buat jagain :’)
Sore sampe malem temen – temen banyak yang ngunjungi kesana, akhirnya saya duduk – duduk di depan TV di luar kamar. Tiba – tiba dateng bapak – bapak pake baju koko, sarung, dan kopyah. Bapak itu duduk di samping saya, saya menyapanya. Kemudian perkenalan singkat tentang nama saya, asal, skrg kuliah atau ngapain, dimana, tinggal dimana, nungguin siapa yang sakit, dst (ga singkat kayaknya ya hehe).
Akhirnya mengalirlah cerita bapak itu tentang keluarga beliau. Beliau di karuniai 3 anak, ketiganya lulusan pesantren (kecuali yang nomor 3 masih di pesantren), nyantri nya belasan tahun! *keren*. Beliau ngendikan seperti ini : “Aku anak e wong ga duwe mbak.. ga iso ninggal opo – opo. Anak – anakku tak pondokno cek mengko dadi bekale dewe – dewe lek wes tak tinggal” (Aku anak orang ga punya mbak.. Ga bisa ninggal apa – apa. Anak – anakku aku masukkan pondok supaya nanti jadi bekalnya sendiri ketika sudah aku tinggal). Seketika saya merinding….
Beliau ketika itu di Rumah Sakit lagi nungguin putri keduanya yang sakit. Belum tau pasti sakitnya apa, yang jelas muntah darah terus, dan sebabnya adalah keseringan lembur sampe subuh. DEG!!. Saya kaget beneran. Saya yang kerjaannya tidur jam 3 pagi apalagi di semester IV karena numpuknya tugas, serasa diperlihatkan secara langsung akibatnya. Saya pun tanya : “Lha ngapunten pak, kulo hampir tiap hari melek sampe jam 3 an ngoten pak.. Tugasnya niku kuaathaah…” Beliau : “Gak apik mbak.. Sampean belajar lah yoopo carane ga ngunu kui”….
Kemudian ngomongin tentang sifat anak muda sekarang. Akhirnya beliau memberi nasihat tentang syarat orang cari ilmu. “Pertama mbak, ojokk sampe pacaran. Weslah di anggep konco biasa ae, lan ojo macem – macem, pergaulane di batesi. Ngunu kui lek wes pacaran marai ngrusak niat e wong nggolek ilmu, wes poko’e bahaya mbak…”. Dan tiba – tiba datang tamu yang menjenguk putri bapak tersebut. Akhirnya nasihat inipun hanya sampai di poin pertama....

2 comments:

Post a Comment

 

Write Your Memories Template by Ipietoon Cute Blog Design